Kamu mungkin bisa menunda waktu, tapi waktu tidak akan bisa menunggu...Waktu yang hilang tidak akan pernah kembali.

Wednesday, December 28, 2011

Elegi Penampilan Imam


“mam potong rambutnya!!!”
Tiba-tiba aja sebuah teriakan membuatn kupingku bergerak mencari arah suara itu. Aku hanya tersenyum melihat banyak kawan yang bilang buat motong ni rambut. Padahal niatannya buat manjangin, biar terlihat lebih beda dari biasa. Lagi pula aku merasa pede dengan rambut yang panjang dan berantakan. Wah, parah ni, aneh berat... haha.. tapi bneran, aku ngerasa lebih pede aja. Aneh-aneh memang,,,
Tapi Apa daya, sepertinya aku harus menyerah dengan keadaan. Hahaha... abisnya banyak yang bilang motong rambutnya. Aku kira sah-sah aja aku rambutnya gimana-gimana. Tapi sepertinya aku tidak bisa bersikap seperti itu. Apa lagi dengan keadaan heboh-hebohnya anak punk. Bisa-bisa aku juga di bawa tu ke SPN. Bisa berabe, Cuma gara-gara rambut doang bisa panjang masalahnya. Hahaha... sempat mikir sich gitu. Wah.. ngeri... bisa jadi selebriti dadakan ntar... parah...
Udah banyak ni yang komentar setiap kali jumpa.
“woi...! potong rambut sana! Sok korea...”
“Mam..! potong rambut dulu, mana ada sarjana gitu penampilannya..”
“ aduch sob... jelex x udah kok... potonglah rambutnya, biar rapi dikit..”

Wuih.... sadis.... sadis....  orang ni keluarin kata-kata,... perih..perih.. hahaha... aku tau tu semua bentuk kepedulian mareka padaku. Padahal, aku melihat diriku lebih merasa ganteng dengan rambut panjang gitu. Hahaha... narsis....!’
Ada berbagai teori mareka paparkan tentang orang yang berbeda dengan kebanyakan orang lainnya. Misalnya teori ini, dia bilangnya gini.. “jika ada 10 orang dan yang satu atau dua orang bertindak diluar kebiasaan, maka akan dikatakan gila.” Hadeuch... aku di bilang gila,, Cuma gara-gara rambut doang udah punya gelar gila. Padahal orang perlu tahunan atau 4 tahunlah biar dapat gelar sarjana. Ni, baru dapat gelar gila dengan beberapa menit saja. Tapi aku tetap tidak perduli dengan setiap perkataan mareka. Komentar boleh apa aja.. tapi maunya gimana, tetap aja sama diri sendiri.. ya gak?!
Padahal sangat berbahaya loh... nyebutin gila buat orang, karena itu dapat membuat orang gila. Sebutan gila juga merupakan gelar yang sangat negatif. Punya nilai bahasa yang sangat tidak sopan dan dengan kata gila tersebut orang cenderung akan memperlakukan kita sebagai orang gila jika terlalu sering mengatakan gila. Parahnya lagi,,, Kemungkinan besar, orang yang sehat bisa jadi gila. Dan orang yang gila tidak akan pernah sembuh dari penyakit mentalnya. Walaupun itu hanya guyonan belaka, tapi punya pengaruh yang sangat besar pada manusia. Sekarang sudah disepakati untuk tidak menyebut gila kepada orang gila, tapi nyebutin kepada mareka itu orang dengan keterbelakangan mental, atau orang dengan penyakit mental Atau orang dengan disabilitas. Sekilas info aja...
Aku sempat mikir, apa sich pentingnya penampilan itu?! Sampe orang pada heboh dengan gaya rambutku yang gak rapi, berantakan dan mungkin gak sedap buat diliat. Padahal penampilan itu Cuma topeng aja. Bisa kita buat jadi apa aja. Lagian gak semua buku itu bisa dilihat dari covernya. Bisa aja covernya bagus tapi isinya ngak. Bisa aja covernya gak bagus, tapi isinya,, mantap. Aku ngak bermaksud nyamain diri sama buku. Itu contohnya aja. Aku ya aku.. bukan orang lain dan bukan mareka.
Liat aja para legeslatif dan eksekutif, mareka yang pakaiannya rapi, tetap aja nyuri, ngambil uang rakyat dengan berbagai alasan, dengan mengatasnamakan rakyat. Para pengawai dengan rekening gendutnya, ntah dapat dari mana uangnya. Katanya buat ngambil modal balek. Karena dulu masuknya harus keluarin modal dulu. Mareka kan rapi tu pakaiannya. Tapi kelakuannya lebih bagus lagi binatang! atau tukang parkir yang udah gak mau di bayar 500 rupiah lagi. Katanya capek jagain kereta kalian, masak Cuma 500 rupiah aja. Padahal aturannya emang 500 rupiah, tapi tetap aja ngotot buat gak mau trima 500 rupiah. Kalo kereta kita ilang, kita juga gak tau sapa yang bertanggung jawab. Parah dunia sekarang... pakaian tukang parkir gak rapi-rapi amat sich.. tapi rambutnya rapilah.. gak kayak aku.. hahaha... atau para dokter yang kalo berobat sama mareka dikasihnya obat yang bisa ngasih bonus buat dia. Bukan mikirin kesehatan kita, malah mikir gmna caranya kejar setoran. Gimana caranya ngeluarin resep sampe seribu agar dapet mobil dari dari penyalur obat. Katanya ginih.. anak saya udah mau kuliah nich.. dia perlu mobil. Hadeuch... terang-terangan pula tu dia bilangnya. Kita emang gak tau harga pasaran obat tu berapa. Bisa aja obat yang harganya murah tapi mahal jadinya... inisih dilema negeri miskin kayak indonesia. Mau gmn lagi, orang udah gak perduli sesama mareka. Aku...?! Open kali.. dari tukang parkir sampe pejabat udah gitu. Mau harepin apa lagi di negeri ini. Kok lari kesana...
Tapi intinya, itu tadi... menurut aku, penampilan itu boleh gimana aja. Asal kita punya atitude dalam hidup. Gak nyusahin dan buat rugi orang lain. Biasa aja. Jak ubee leut tapak, duek ubee leut punggoeng... kabeh peukara. Laen peu tapike tema.. chit ka lagenyan naggroe... agama sahoeu.. ureung sahoe,,, pengeut qanun meu boeuh2... peu tubiet peng... abeh peukara... jalan han jalan qanun.. pikee that.. yang penteng.. qee’ peng na... nyan slogan.. soe hanjet ke anggota dewan...!!! munafek manduem...!
Apa pendapatmu tentang penampilan?! Tentu saja kalian punya pendapat sendiri. Kalo boleh jujur, penampilan itu penting. Mungkin semua alasan diatas Cuma pembenaran buat sikap aku aja... hahaha... bisa jadi... sebaiknya jadi dirimu sendiri ajalah! Tu lebih bagus asal gak melanggar norma aja. Gimana?! Setuju?!



28 Desember 2011

2 comments:

  1. azas membela diri,,, selalu ditekuni imam,,,dibandingkan mendengar saran2 yang membuat dia berubah,,wkwkkwkk

    ReplyDelete
  2. oma.... ndak bener itu... aku selalu mendengarkan... :D

    ReplyDelete