Kamu mungkin bisa menunda waktu, tapi waktu tidak akan bisa menunggu...Waktu yang hilang tidak akan pernah kembali.

Wednesday, September 21, 2011

Tip Sederhana Menggapai Kebahagiaan


Bahagia adalah keinginan semua orang. Namun sebagian orang merasa kesulitan untuk menggapainya. Berikut adalah empat tindakan yang bisa membuat Anda bahagia, seperti diungkapkan dalam "Action for Happiness" yang dikutip oleh situs The Guardian:
 
1. Bersikap Baik lebih dari Biasa
Mengerjakan hal-hal yang baik untuk orang lain akan memperkuat hubungan kita dengan mereka sekaligus membangun kepercayaan -khususnya dengan pihak asing - akan membawa kebahagiaan dalam komunitas. Anda bisa melakukan hal kecil atau hal besar tetapi yang pasti ia haruslah sesuatu di luar yang biasa Anda lakukan secara rutin. Misalnya, membantu seorang lansia menyeberang jalan, atau menuntun kursi roda mereka atau membawakan tas belanjaan mereka sampai ke tempat parkir. Anda akan merasa seperti menjadi seorang Ibu Theresa.
 

2. Ucapkan terima kasih
Pada setiap malam, tulislah pada selembar kertas bahwa Anda berterima kasih untuk tiga hal. Langkah ini akan membantu kita untuk merasa lebih berbahagia, lebih sehat dan lebih berarti serta mengurangi rasa materialistis kita.

"Pasalnya, ucapan terima kasih yang kita tulis akan membantu kita untuk membingkai persepsi kita mengenai bagaimana hari ini berjalan," ujar Direktur Action for Happiness, Mark Williamson.Ia menambahkan, ini bukan berarti mengabaikan hal buruk yang terjadi hari itu. Sebaliknya, kata dia, "Kita bertanya, apakah ada sesuatu yang menyenangkan terjadi hari ini? Kemudian biasanya Anda bisa menemukan sesuatu."

3. Menjadi Orang yang Penuh Kesadaran
Liputilah hidup Anda dengan kesadaran bahwa Anda hidup hari ini, bukan terpuruk di masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan. Melakukan meditasi adalah cara untuk menumbuhkan kesadaran tersebut. Caranya sederhana, duduklah setiap pagi selama 10 menit, fokuskan pada napas Anda dan observasi pikiran Anda pada saat bersamaan.

Kemungkinan besar, Anda akan mengalami kesulitan atau malah gagal saat pertama kali melakukan meditasi tersebut. Ketahuilah bahwa meditasi bukanlah menghentikan atau terputus dengan aktivitas kita atau pikiran kita tetapi justru menghidupkan atau menyalakannya dan mengembangkan kepedulian. Jadi, jangan biarkan pikiran anda mengembara ke mana-mana saat melakukan meditasi.

4. Menulis Surat
Saran lain untuk berbahagia adalah Anda diminta untuk berterima kasih kepada orang-orang yang layak menerimanya. Dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menulis selembar surat mengenai hal tersebut dan kemudian membacakannya di depan orang yang bersangkutan. Namun memang, membacakan sebuah surat kepada seseorang yang kita anggap layak, bisa menimbulkan rasa khawatir atau malu sehingga kita akan membacanya dengan cepat. Tetapi efek dari pembacaan surat tersebut akan luar biasa. Jadi lakukan saja. Apalagi, kebahagiaan akibat membaca surat ini bukan hanya dialami oleh Anda berdua tetapi juga teman-teman di sekeliling Anda.


No comments:

Post a Comment