Kamu mungkin bisa menunda waktu, tapi waktu tidak akan bisa menunggu...Waktu yang hilang tidak akan pernah kembali.

Sunday, June 19, 2011

Proses

Apakah anda percaya akan proses? Atau anda salah satu orang yang berharap segalanya bisa instant? Sebelum anda menjawab pertanyaan itu, aku ingin kita semua kilas balik kepada masa kecil kita. Masa-masa dimana kita merasa sangat bahagia dan indah. Kita disayangi semua orang dan merasa sangat diperlukan oleh semua orang.
Bagaimana keadaan kita ketika dilahirkan, bagaimana ketika kita bisa berdiri dari kegiatan yang hanya bisa tidur, bagaimana kita bisa berjalan hingga bisa berlari dengan kecepatan yang luar biasa. Dalam rentang waktu kehidupan kita dari kecil sampai sekarang, kita tidak pernah melewatkan sedetikpun waktu untuk berproses.
Contohnya saja sekarang anda bisa berjalan, bisa berlari dengan cepat merupakan hasil dari anda belajar untuk berdiri ketika anda kecil. Berdiri itu merupakan proses yang anda lakukan untuk bisa berlari. Dan hasilnya, anda bisa berjalan dan berlari kemanapun dan kapanpun.
Segala sesuatunya memerlukan proses. Ketika anda meminta sesuatu maka bukan yang anda minta yang diberikan, akan tetapi jalan yang diberikan kepada anda untuk mencapai hasil yang anda inginkan. Ada pepatah yang mengatakan kurang lebihnya seperti ini “janganlah memberikan ikan kepada anakmu, tapi berikanlah kail.” Maksudnya ketika kita meminta, maka akan diberikan jalan kepada kita agar mencapai tujuan kita. Setelah itu tergantung kepada kita bagaimana kita akan melalui jalan tersebut.

Apakah kita akan mengikuti jalan tersebut atau kita hanya akan berjalan kemudian pindah jalur kepada jalan yang lain karena belulm merasa bisa atau sukses dengan jalan tersbut. Pada dasarnya jalan yang diberikan kepada kita itu mempunyai ujung atau akhir. Namun keputusan ada pada kita, kita akan berjalan dijalan itu sampai akhirnya atau kita hanya akan berjalan setengah dan menyerah ditengah jalan.
Ketika kita akan mengambil jalan tersebut tentu ada prosesnya masing-masing. Maka lewatilah proses tersebut maka anda  akan mencapai tujuan yang ingin anda dapatkan. Karena semaua berawal dari satu langkah dan diakhiri dengan satu langkah terakhir. Yang pasti, apapun tujuan anda jangan lupakan proses, karena proses itu selalu ada dalam kehidupan ini.
Contoh sederhana lainnya adalah, ketika anda akan bepergian kesuatu tempat, maka anda harus menempuh jalan yang ramai dengan orang. Menempuh jalan yang bisa saja tidak pernah lurus sesuai dengan diharapkan. Bisa saja jalanan itu macet atau jalan yang kita lalui untuk sampai ketujuan kita itu rusak sehingga kita harus berhenti sejenak dan lain sebagainya. Bentuk gangguan seperti ini adalah proses yang kita lewati untuk sampai kepada tujuan kita. Kita tidak bisa mengabaikan itu semua, Karena itu bagian dari kehidupan kita.
Namun, masih banyak diantara kita yang tidak mengerti dengan proses, tidak bisa menerima proses dan tidak mampu untuk tetap bertahan pada jalan yagn telah dipilih hanya karena tidak mampu melewati proses.mareka putus asa dengan tujuan yang ingin dicapai. Tetap semangat, tentukan tujuan anda, gapai tujuan itu dan jangan pernah menyerah karena itu semua adalah proses untuk tujuan anda.

No comments:

Post a Comment