Kamu mungkin bisa menunda waktu, tapi waktu tidak akan bisa menunggu...Waktu yang hilang tidak akan pernah kembali.

Saturday, February 26, 2011

Public Speaking (Mengatasi Rasa Takut)

Suatu hari temanku berkata “aku lebih baik mati dari pada disuruh berdiri di depan orang banyak”. Parah memang, tapi begitulah katanya. Kita tidak perlu heran jika perkataan itu keluar dari mulut kawan kita. Karena tidak semua orang mampu untuk melakukan hal-hal yang demikian, tidak semua orang mampu berdiri di depan orang banyak, tidak semua orang mampu berkata-kata di depan orang banyak. Itu merupakan perbuatan yang harus sering dilatih dan terus dilatih untuk memperlancar setiap informasi yang akan kita sampaikan di depan umum atau orang banyak.

Pangung atau stage kadang kala menjadi tempat yang sangat menakutkan bagi sebahagian orang dan menjadi tempat yang sangat menyenangkan bagi sebagian lagi. Hal yang wajar terjadi bagi mareka yang kurang dalam hal berbicara atau kurang percaya diri. Namun bukan berarti hal itu tidak dapat diatasi. Ada kiat-kiat dalam mengatasi ketakutan. Berikut beberapa tips dalam menghadapi ketakutan dalam berbicara di depan orang banyak atau didepan umum:
Hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah Persiapan! Lakukan persiapan baik fisik, mental maupun materi. Fisik yang bagus atau fit memberikan pengaruh ketika kita berbicara di depan umum atau orang banyak. Kemudian Mentalkita harus kuat, percaya diri, anggaplah diri Anda yang paling tahu dan orang lain ingin tahu yang Anda ketahui. Langkah selanjutnya adalah Siapkan data dan referensi topik pembicaraan sebanyak mungkin. Makin luas wawasan, Anda akan semakin percaya diri. Mengapa anda harus melakukan persiapan ketika berpidato atau berbicara didepan umum, karena Obat paling mujarab mengatasi demam panggung adalah melakukan persiapan total. Karena dengan membuat persiapan maka anda akan merasa semakin yakin akan diri anda. Being prepared is half the battle to overcoming anxiety ( Persiapan adalah setengah pertempuran untuk mengatasi rasa takut).
Kedua yang harus anda lakukan adalah relaksasi. Ya, relaksasi agar tubuh tidak tegang, santai dan rileks. Bagaimana cara untuk melakukan relaksasi? Itu tergantung bagaimana anda merasa nyaman ketika melakukan kegiatan itu. Namun demikian ini beberapa caranya: pertama, ambil nafas dalam-dalam, kemudian tahan sebentar nafasnya lalu keluarkan secara perlahan-lahan. Kedua, lemaskan bahu dan lengan sampai tangan sampai terkulai. Ketiga, lakukan ini berulang-ulang setiap kali hendak berbicara di depan umum.
Ketiga yang harus anda lakukan adalah test suara atau relaksasi suara. Cara melakukannya yaitu bisa dengan menyayi, bisa dengan menyuarakan vocal A.E.I.O.U secara naik turun atau bisa dengan mencoba beragam nada yang anda ketahui.
Keempat merupakan saran yang sangat penting yaitu berlatih! Semakin anda sering berlatih maka anda akan semakin terbiasa dengan suasana panggung. Anda akan semakin tahu bagaimana berbicara di atas panggung sehingga membuat anda tidak gugup lagi.adan dapat berlatih di depan cermin atau di depan kawan-kawan terdekat, bahkan di depan binatang peliharaan Anda. Sering ikut terlibat dalam diskusi atau acara talkshow melalui telepon di radio juga sangat bagus untuk berlatih.
Ringkasnya, untuk mengatasi rasa gugup atau takut dalam berbicara di depan umum dengan melakukan tiga hal yaitu: perencanaan, persiapan, dan latihan. 

No comments:

Post a Comment