Kamu mungkin bisa menunda waktu, tapi waktu tidak akan bisa menunggu...Waktu yang hilang tidak akan pernah kembali.

Monday, October 31, 2011

SKILL


Agaknya kita perlu dengan yang satu ini. Bukannya hanya mengandalkan ijazah untuk mendapatkan kerja yang kita inginkan. Pertanyaannya sekarang, apa skil yang anda miliki?. Mungkin kebanyakan dari kita akan bigung untuk menjawabnya. Bigung karena karena kita tidak pernah tahu skill yang kita miliki? Atau bingung karena kita memang tidak memilikinya. Hanya anda yang bisa menjawabnya.
Banyak orang sukses tidak hanya mengandalkan ijazah. Bahkan sebagian dari mareka gagal dalam perkuliahan atau sekolah. Atau mungkin mareka tidak pernah kuliah atau sekolah, namun mareka bisa menjadi sukses. Itu karena kemampuan yang mareka miliki. Skil yang mareka pinyai membantu mareka dalam menjalani kehidupan ini.
Lihat saja bill gates sebagai pendiri microsoft yang drop out dari universitas dia kuliah. Namun liatlah kemampuan dia sekarang. Dia juga dianugerahi gelar doktor dari almamater dia drop out. Tidak kuliah tapi mendapatkan gelar. Hmm, sangat fantastis!. Masih beripikir ijazah sebagai lembaran keramat?! Sebaiknya anda harus mikirkan kembalil tujuan anda menempuh pendidikan atau perkuliahan.
Atau anda tidak percaya bahwa skill sangat dibutuhkan dalam dunia ini. Liat saja marx zukenbergh pencetus dari jejaring sosial Facebook. Tentu anda tahu jejaring sosial yang satu ini. Marx pun pernah DO atau drop out dalam perkuliahannya. Namun dia tidak berputus asa dengan hal itu, dia tidak pernah takut dengan tidak kuliah. Kenapa?! Karena dia mempunyai kemampuan yang dibutuhkan untuk bisa mencapai apa yang dia inginkan. Yaitu kemampuan dalam menciptakan jejaring sosial Facebook.
Masih banyak lagi mareka yang tidak pernah atau hanya kuliah sebentar tapi mempunyai kehidupan yang luar biasa... maksudku, wow!

Akan tetapi bukan berarti kuliah dan sekolah itu tidak perlu. Jangan salah dalam mengambil sikap, kuliah dan sekolah itu sangat diperlukan untuk menambah wawasan dan perluasan pemikiran kita agar tidak sempit dan tidak terlalu monoton dalam menyingkapi dan menilai suatu permasalahan. Banyak hal-hal yang tidak kita pelajari dilapangan, kita dapatkan di perkuliahan atau sekolah. Begitu juga sebaliknya, hal yang kita pelajari di perkuliahan ataupun sekolah, belum tentu kita sinkron dengan pekerjaan kita.
Coba kita pikirkan kemabali tujuan kita kuliah, apa sebenarnya? Apa kita ingin mendapatkan ijazah? Atau kita hanya ingin mendapatkan pengetahuan? Apapun jawaban anda, itu sangat berpengaruh terhadap kehidupan anda selanjutnya. Bahkan sangat, sangat berpengaruh. Coba kita pikirkan lagi, kemana kita setelah kuliah? Menjadi pegawai? Atau melakukan apa yang telah menjadi hobi kita? Atau kuliah lagi?! Ambil S2, setelah itu ambil S3 kemudia ambil S5 atau S5?! Apa pengaruhnya jika anda tidak mempunyai skil yang mumpuni.
Sebaiknya kita semua mempunyai skill disamping nilai akademis yang bagus. Jikapun kita menjadi apa yang kita inginkan, maka kita akan menjadi sesuatu yang mampu dalam bidang itu. Bukan pegawai yang tidak kreatif, anda akan menjadi pegawai yang kreatif dengan skill yang anda miliki. Anda akan menjadi dosen yang bukan tong kosong jika anda mempunyai skill. Apapun tujuan dan keinginan anda untuk kuliah, skill jangan dilupakan. Apapun pekerjaan anda, janga pernah lupakan skill. Dan bagaimana cara kita untuk mendapatkan skill itu? Bisa bermacam-macam caranya. Dengan mengembangkan bakat bisa jadi.:) 

No comments:

Post a Comment